Rabu, 10 April 2013

Cara Merawat Android Yang Benar



Setiap alat elektronik diperlukan perawatan, tidak terkecuali android yang merupakan salah satu dari perangkat elektronik. Perawatan atau maintenance sering kali kita lupakan, maintenance merupakan hal kecil namun mempunyai dampak yang besar jika anda lupa melakukannya. Bagaimana cara merawat android kita? Mari kita berbagi bersama tentang cara maintenance pada android.
Hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan perawatan terhadap android kita adalah:
1.Perangkat keras / Hardware
2.Perangkat lunak / Software

Maintenance Hardware
>>Layar tampilan

1.Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.


2.Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.


3.Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan menggunakan tissue atau kain yang halus.


4.Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.


5.Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.


6.Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.


7.Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.


>>Baterai
Tips tentang merawat baterai cukup banyak, dan pernah saya tulis pada artikel memperpanjang life cycle baterai pada maxiandroid yang dapat anda baca di sini


>>Camera
Seperti tips perawatan pada baterai, untuk camera juga dapat anda temukan bagian bawah artikel android photography maxiandroid di sini


>>Body
1.Pergunakan Android Secara Baik
Pergunakan android tersebut dengan baik, sayangi device anda tersebut. Karena jika device tidak diperlakukan dengan baik, bisa jadi anda menjadi rusak. Kalau rusak kan pastilah anda sendiri yang akan repot.


2.Jauhkan Android dari Benda-Benda yang Mengandung Elektromagnetik
Benda-benda elektromagnetik akan mengganggu fungsi frekuensi jaringan (sinyal) perangkat android anda dan dapat menyebabkan android anda tidak ada sinyal dan akan mengganggu fungsi android lainnya. Misalnya perangkat android anda dekatkan dengan speaker aktif atau tape radio, maka akan terdengar bunyi beep pada speaker yang disebabkan oleh frekuensi speaker dan HP saling bertabrakan.


3.Beri Aksesoris Pelindung Android
Perangkat android anda juga membutuhkan aksesoris yang dapat melindungi android anda dari benturan, percikan air, jatuh, panas, dan resiko lain. Beberapa aksesoris yang dapat melindungi android diantaranya yaitu sarung HP, Gantungan HP, Tali HP, Pelindung LCD Display, Casing yang bagus, dan lain-lain. Saya lebih menyarankan anda menggunakan softcase dibanding hardcase, sekalipun hardcase terlihat keren namun lebih optimal softcase dalam melindungi android anda, terlebih apabila anda sering melepas hardcase dengan alasan akan menganti kartu SIM/UIM. Hal ini akan menyebabkan adanya goresan pada cashing, selain itu ketika android anda tidak sengaja terbentur, maka softcase lebih optimal dalam memberi redaman dibanding hardcase. Selain itu pergunakan pelindung yang mempunyai system sirkulasi udara sehingga android anda tidak panas.


4.Bersihkan Android Anda Secara Berkala
Android yang kita gunakan setiap hari ada baiknya untuk dibersihkan dari debu yang menempel, dan juga supaya android menjadi lebih bersih dan tampil cerah seperti android baru.


5.Simpan Android Anda di Tempat yang Aman
Menyimpan perangkat anda di tempat yang aman akan menghindarkan HP dari resiko pencurian, jatuh terbanting dan mencegah kehilangan HP barangkali saja anda lupa menaruh android.


6.Jangan Kena Air
Perangkat android jika terkena air akan mengalami konsleting pada sistem yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada hardware android. Untuk itu hindarkan android supaya jauh dari jangkauan air, namun jika terkena cairan anda dapat menggunakan tips yang telah saya tulis pada artikel maxiandroid yang dapat anda baca di sini.


7.Jauhkan Perangkat dari Jangkauan Anak-Anak
Anak-anak mungkin belum mengerti dengan perangkat android, kemungkinan besar anak-anak akan membanting android tersebut yang dikiranya perangkat itu adalah mainannya. Jadi jauhkan android anda dari jangkauan anak-anak.


8.Hindari Dari Hal Yang Menyebabkan Kerusakan Perangkat
Berbagai situasi dan kondisi dapat menyebabkan kerusakan, oleh karena itu silakan anda jauhkan android anda dari hal tersebut, beberapa hal yang menyebabkan kerusakan android dapat anda temukan dalam artikel di blog maxiandroid ini dan dapat anda baca di sini.


>>Beberapa komponen dan tambahan lainnya
1.Beberapa komponen terkadang juga diperlukan perawatan khusus. Beberapa sensor seperti sensor cahaya yang nampak secara fisik dapat anda lakukan pembersihan dengan kain atau media lain yang permukaannya halus sehingga hantaran cahaya dapat optimal diterima oleh sensor cahaya pada android anda, begitu juga tombol yang merupakan komponen penting yang sering kali kita gunakan, ketika anda menggunakan tombol anda sebaiknya jangan terlalu keras dalam melakukan penekanan, juga kurangi intensitas dalam penekanan dapat menambah usia tombol baik keytone maupun keypad nya.


2.Bersihkan pin konektor yang ada di android (misal: konektor baterai) dengan menggunakan tisu atau cotton-bud secara reguler setiap 3 atau 6 bulan sekali. Jangan menggunakan cairan apapun bila anda tidak berpengalaman. Jika anda hendak mengunakan cairan sebaiknya pergunakan cairan khusus untuk elektronik seperti CCL.


3.Hindari keluar-masuk / penggantian SIM CARD yang terlalu sering.


4.Rawat android dari suhu panas dan dingin yang ekstrim, sebab akan mengurangi / menganggu kinerja perangkat android.


5.Saran saya, jika usia android anda 2 tahun atau lebih, pertimbangkanlah untuk membeli / mengganti perangkat anda dengan yang baru. sebab Umumnya "kekuatan" barang elektronik yang maksimal rata-rata hanya dua tahun. Oleh karena itu gantilah perangkat anda (jual dan beli yang baru) sebelum harga android yang lama jatuh karena rusak.


6.Jangan melepas konektor plug in pada android dengan cara yang kasar. Beberapa plug in tertanam pada android sebagai contoh plug in USB, HDMI, head set dan masih banyak lainnya. Lepaslah secara perlahan dan hati-hati dalam mengunakannya dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan secara rutin dengan menggunakan cotton bud atau media yang halus dan kering.




Maintenance Software
>>Lakukan backup secara rutin
Melakukan backup merupakan hal yang mudah namun sering kali kita lupakan, lakukan backup secara rutin, artikel tentang backup pada android telah saya tulis pada blog ini, yang dapat anda baca di sini.


>>Optimalisasi contact anda
Terkadang contact anda akan menjadi penuh, namun penuh bukan dikarenakan banyaknya teman anda tetapi dikarenakan banyak sekali contact yang terduplikasi, bersihkanlah contact yang terduplikasi dengan menggunakan tips yang telah saya tulis pada blog maxiandroid ini, yang dapat anda baca di sini.


>>Bersihkan file yang tidak berguna
Pilihlah aplikasi yang berguna saja, uninstall aplikasi yang anda rasa tidak berguna, selain untuk meringankan beban memory dan menghemat baterai dengan merapikan aplikasi anda dapat mempermudah dalam pencarian ketika anda hendak menggunakan aplikasi tersebut. Untuk optimalisasi android lainnya dapat anda baca pada artikel saya yang telah saya tulis sebelumnya di sini.


Bersihkan file yang tidak berguna, untuk membersihkannya anda dapat menemukan tipsnya pada blog maxiandroid ini pada artikel saya sebelumnya di sini.


>>Scan android anda jika anda sering melakukan surfing internet atau transfer data
Scan android anda secara rutin jika anda sering browsing internet atau transfer data, untuk pemilihan anti virus android dapat anda baca pada artikel maxiandroid di sini.


>>Optimalisasi android anda ketika mulai lambat atau terasa lag (sumber: teknoup)

1.Messaging databases
Biasanya tampilan sms di android (froyo) berbentuk threads, jadi kita tidak pernah sadar sudah seberapa banyak text yang tersimpan. Pertama pisahkan dulu sms yang sekiranya dianggap penting dan forward ke folder lain atau forward ke phone Gmail account address dan text akan diforward lagi melalui gmail apps jadi bisa dikasih label dan arsip sesuka kita. selanjutnya pada menu utama sms, kita delete semua text yang ada.


2.Email databases
Menyimpan semua email yang masuk di PC kita mungkin tidak berpengaruh sama kinerja PC, tapi jika semua inbox berikut attachement nya disimpan di memory HP kita bisa-bisa HP jadi nge-hang. Sama seperti maintenance sms, pisahkan semua email yang dianggap penting dan diberi label, arsip sekalian. Setelah itu delete semua email yang tersisa termasuk spam yang masuk.


3.Application cache
Beberapa cache bisa disimpan di sdcard tapi secara default cache akan tersimpan di memory HP. Setiap aplikasi yang terhubung ke internet biasanya ada option untuk 'delete the cache' secara otomatis, dan pastikan kita tidak membuang cache aplikasi yang penting. Jika cache tersimpan di sdcard, selama memory sdcard masih cukup maka cache dibiarkan saja. Untuk membersihkan cache, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi 1Tap Cleaner yang dapat anda download gratis di play store dengan klik di sini atau untuk yang pro version anda dapat klik pada gambar di bawah ini:

4.SDcard
Memory HP penuh sdcard juga penuh, sudah dipastikan HP selalu lemot dan nge-hang. Beberapa data yang bisa dicopy ke PC seperti photo, lagu, pdf, word, zip/rar, lebih baik dipindahkan saja ke harddisk PC, apalagi data yang menghabiskan kuota memory mending di cut saja. Terbukti kalau kita me-maintenance dan meng-cleanup secara rutin dapat meningkatkan kinerja HP kita dan data-data yang tidak perlu pun tidak memenuhi memory.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Komentar Kami Sangat Hargai Komentar Anda
Dan Followers / Pengikut Kalau Mau Ikut Klik Aja Join This Site

Versi Bahasa Indonesia
1.Jangan Komentar yang Spam
2.Komentar harus sopan
3.Dilarang membagi link aktif di kolom komentar
4.Komentar yang bijak

Version Language English

1. Do not Spam Comments
2. Comments should be polite
3. Do not put an active link in the comment column
4. Wise comments

Support