Selasa, 16 April 2013

Cara Merawat Paru - Paru


Paru-paru beratnya hanya sekitar setengah kilogram. Namun begitu paru-paru bisa diisi sampai dengan 5 liter udara. Dalam pernapasan normal kita hanya menggunakan sepersepuluh dari kapasitas paru-paru kita. Dengan demikian rata-rata volume udara yang terhirup untuk sekali bernapas adalah 500 cc. Dari jumlah itu hanya 350 cc saja yang masuk mencapai alveolus (gelembung paru-paru) sebab 150 cc lainnya akan tertinggal untuk mengisi saluran pernapasan.

Mereka yang jarang berolahraga akan terbiasa menggunakan sepersepuluh kapasitas paru-parunya. Dengan begitu, meski sebagian paru-parunya sudah rusak, mereka tidak akan mengetahuinya. Ada pepatah kuno dalam ilmu kedokteran yang mengatakan, "Jika Anda bisa merasakan bahwa Anda memiliki paru-paru, maka ini berarti bahwa kemungkinan paru-paru Anda sedang terancam bahaya."
Pada pernapasan biasa, tidak semua udara yang ada dalam paru-paru akan keluar sewaktu menghembuskan napas. Soalnya, rerata akan masih tersisa sekitar 1.500 cc yang masih dapat diembuskan keluar dengan paksa. Dengan demikian, ada kemungkinan "kotoran-kotoran" yang masih tertinggal dalam paru-paru setiap kali selesai menghembuskan napas.

Seorang perokok boleh jadi mengira telah menghembuskan semua asap rokok yang diisapnya. Akan tetapi, sebenarnya masih ada asap rokok yang tertinggal di dalam paru-paru dan akan keluar hanya jika ia menghembuskan napasnya dengan paksa sampai "habis". Sekalipun semua udara dalam paru-paru telah dihembuskan sampai "habis", masih tetap ada udara yang tertinggal di saluran udara. Volume udara sisa ini sekitar 1.200 cc.

Salah satu cara merawat paru-paru adalah dengan berolahraga. Jenis olahraga yang baik adalah olahraga yang dapat membuat pernapasan lebih cepat dan lebih dalam. Jika sedang tidak berolahraga, Anda bisa melakukan pembersihan paru-paru dengan menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan kembali sampai habis.

Paru-paru perlu dirawat dengan telaten. Jangan tunggu sampai bisa terasa bahwa ada paru-paru di dalam rongga dada. ah paru - paru sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Komentar Kami Sangat Hargai Komentar Anda
Dan Followers / Pengikut Kalau Mau Ikut Klik Aja Join This Site

Versi Bahasa Indonesia
1.Jangan Komentar yang Spam
2.Komentar harus sopan
3.Dilarang membagi link aktif di kolom komentar
4.Komentar yang bijak

Version Language English

1. Do not Spam Comments
2. Comments should be polite
3. Do not put an active link in the comment column
4. Wise comments

Support