Rabu, 24 April 2013

Cara Merawat Baterai Hp Anda Agar Awet

Handphone merupakan benda yang sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Apalagi bagi anda yang memiliki aktivitas kerja yang padat dan menuntut anda untuk sealu terhubung dengan dunia di sekitar anda. Kecanggihan fitur ponsel juga membuat anda dengan mudah terkoneksi dengan rekan kerja, klien, bahkan keluarga yang tinggal di luar kota. Namun, sering kita lupakan bahwa ponsel bisa bekerja berkat kehadiran baterai. Dan tentunya, secanggih apapun ponsel anda, jika baterainya habis, maka tidak lagi berguna untuk mendukung kinerja anda.



Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang usia baterai ponsel anda, dan biasanya tips-tips berikut ini sering luput dari perhatian kita.
Saat mengisi ulang baterai merupakan saat-saat paling vital bagi baterai ponsel. Perlu anda perhatikan cara yang baik dan benar saat merecharge ponsel anda. Jangan gunakan handphone saat sedang diisi ulang dan sebaiknya ponsel dalam keadaan mati saat dicharge. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya baterai terisi penuh dengan optimal.
Masih berhubungan dengan charging, lepaskan leather case atau aksesori yang dibeli secara optional. Saat mengisi ulang, ada panas yang dilepaskan, dan jika panas tersebut terperangkap oleh leather case dan semacamnya, hal ini bisa merusak baterai anda atau malah hanphone anda yang jadi rusak.
Baterai juga memiliki batas berapa kali bisa di charge. Rata-rata kekuatan batere handphone adalah 2000 kali charge. Untuk itu, hindari cabut-pasang-cabut-pasang saat merecharge ponsel anda. Setiap kali anda menghubungkan charger dengan listrik, itu dihitung satu kali charge.
Untuk ponsel baru, ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui dan melatih baterai agar tahan lama. Saat pertama kali dicharge, isi sampai penuh, lalu gunakan ponsel anda hingga baterainya habis total. Ulangi pengisian sampai penuh, lalu gunakan lagi sampai ponsel mati. Lakukan langkah tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali recharge, dengan demikian baterai akan terlatih untuk lebih awet.
Supaya baterai tidak terlalu bekerja keras, maka kurangi penggunaan fitur yang tidak perlu, seperti internet, radio, dan game. Matikan sinyal saat anda sedang meeting atau melakukan hal dimana penggunaan ponsel tidak boleh dilakukan, sedang sholat misalnya. Brightness dan Contrast perlu anda setel ulang ke level yang paling rendah. Karena layar lcd memakan banyak daya baterai.

12 komentar:

  1. terima kasih pak lumayan buat tambah pengetahuan.

    BalasHapus
  2. wah boleh juga ni pak tips dan trik nya mas.terimakasih pak sudah berbagi.

    BalasHapus
  3. kalau isu bahwa nyalain mp3 sambil ngecharge bisa merusak baterai benar tidak pak?

    BalasHapus
  4. Saya pun baru ganti baterai baru.mudah-mudahan habis baca tips ini,baterai android saya bisa awet.

    BalasHapus
  5. keren nih pak tipsnya.sepertinya cas pertama kali juga mempengaruhi ketahanan baterai

    BalasHapus
  6. wah makasih pak tipsnya.saya salah dong selama ini saya sering ngecas sambil saya pakai internetan

    BalasHapus
  7. baterai android saya gampang panas.Padahal baru di charge full.Sejam kemudian sudah mati.Kenapa ya pak?

    BalasHapus
  8. terimakasih mas tipsnya,punya saya sering banget lowbat

    BalasHapus
  9. mantap pak tipsnya.kalau matiin GPS dan paket WiFi juga bisa menghemat baterai ya pak?

    BalasHapus
  10. saya beli batrei HP baru tapi malah tambah sering ngedrop, kenapa ya?

    BalasHapus
  11. tipsnya bermanfaat bgt gan
    patut dicoba

    BalasHapus

Anda Komentar Kami Sangat Hargai Komentar Anda
Dan Followers / Pengikut Kalau Mau Ikut Klik Aja Join This Site

Versi Bahasa Indonesia
1.Jangan Komentar yang Spam
2.Komentar harus sopan
3.Dilarang membagi link aktif di kolom komentar
4.Komentar yang bijak

Version Language English

1. Do not Spam Comments
2. Comments should be polite
3. Do not put an active link in the comment column
4. Wise comments

Support