Jumat, 03 Mei 2013

Cara Merawat Mata




Hmm.. dari hasil baca dan membaca artikel tentang tips merawat mata.. akhirnya setelah jantung . Tentunya dengan menggabungkan dari beberapa sumber akan menjadikan suatu artikel semakin kokoh. berikut langsung saja Tips merawat mata yang Campur Aduk. 

Mungkin sebagian dari kita sering mengabaikan perawatan atau memerhatikan kesehatan mata. Yaah mungkin saja kerusakan yang terjadi pada mata kurang terasa karena penurunan kualitas mata terjadi secara perlahan-lahan. Tiba-tiba saja saat usia atau keadaan tertentu kita baru.

menyadari adanya penurunan kualitas dari mata, sehingga baru mencari cara merawat atau bahkan langsung memakai kaca mata. Padahal kalau saja dari awal diperhatikan, kita dapat memperlambat kerusakan-kerusakan kecil yang yang tidak terasa.

  1. Jangan menggosok atau mengucek mata terlalu kuat terutama bila ada benda asing yang masuk ke mata.
  2. Penuhi Kebutuhan Vitamin A, karena kecukupan vitamin A membantu transmisi sinyal cahaya di dalam sel-sel retina. Salah satu sumber vitamin A adalah sayuran yang memiliki warna orange seperti baby wortel, juga buah aprikot.
  3. Jangan menatap layar komputer atau televisi secara terus menerus, berilah jeda sebentar saja. Dan sering-seringlah mengedipkan mata supaya mata tetap lembab
  4. Bila mata anda terasa gatal dan merah, cobalah anda celupkan handuk kecil kedalam air dingin dan kompreslah mata anda hingga anduknya terasa hangat.
  5. Basuhlah mata dengan air dingin beberapa kali dalam sehari (Berwudhu' lebih baik). Terapi ini akan mengurangi insflamasi, melembabkan mata, merilekskan mata dan mengatasai mata merah.
  6. Lakukan latihan rutin gerakan bola mata setiap hari untuk melatih otot – otot penggerak mata dan daya akomodasi mata. Misalnya dengan memusatkan pandangan mata ke jarak dekat dan jauh secara bergantian beberapa kali, Gerakkan bola mata secara perlahan ke atas, bawah, kiri, kanan beberapa kali berlawanan
  7. Jagalah jarak mata didepan tv, Jarak yang ideal adalah 2.5 – 3 meter di depan TV
  8. Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks, Sumber cahaya sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari arah depan, Atur jarak mata dengan bacaan kurang lebih 30-40 cm, Jangan membaca terus menerus, sesekali istirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak atau melihatjauh.
  9. Memijat-mijat bagian kepala : 
    • Bagian bawah alis,
    • Pangkal hidung yang diapit oleh 2 mata
    • 2 sisi kening diujung alis bagian luar
    • Titik bawah mata (tulang sekitar mata)
    • Bahu dekat tengkuk
    • 2 urat leher dibagian tengkuk
  10. Perbanyaklah melihat benda-benda yang berwarna hijau, seperti pepohonanl. serta melakukan sedikit relaksasi  
  11. Segera periksa ke dokter bila terjadi suatu hal pada mata anda yang tidak anda mengerti, jangan mengambil keputusan asal-asal
jangan lupa comment ya heheeheh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Komentar Kami Sangat Hargai Komentar Anda
Dan Followers / Pengikut Kalau Mau Ikut Klik Aja Join This Site

Versi Bahasa Indonesia
1.Jangan Komentar yang Spam
2.Komentar harus sopan
3.Dilarang membagi link aktif di kolom komentar
4.Komentar yang bijak

Version Language English

1. Do not Spam Comments
2. Comments should be polite
3. Do not put an active link in the comment column
4. Wise comments

Support